Jumat, 05 September 2008

PRAKTEK BERDEMOKRASI


Hari ini, Jumat 5 September 2008, merupakan hari istimewa bagi siswa SMA Marsudirini. Para siswa senang tidak ada pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran diusung ke halaman. Panitia OSIS telah mempersiapkan kegiatan yaitu Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Marsudirini Muntiulan periode 2008/2009.
Proses pemilihan dikemas layaknya memilih Presiden dan Wapres saja. Sebelum para siswa anggota OSIS memberikan suara pilihannya para kandidat berjumlah 4 pasang diminta berkampanye dulu dengan menyampaikan program-programnya seandainya terpilih. Selanjutnya dilaksanakan debat terbuka dengan 3 pasang calon lainnya dan para pengurus lama juga dengan seluruh siswa. Pada acara debat ini terlaksana dengan sangat seru dan kompetitif. Mereka menyampaikan argumentasinya dengan baik dan menanggapi dengan baik pula. Demikian pula para siswa yang lain juga memberikan tanggapan berupa pertanyaan, mengonfrontasikan dan memberikan dukungan pada program yang baik. Setelah acara debat selesai, istirahat sebentar untuk menyiapkan kartu susra dan bilik suara. Satu persatu siswa memberikan hak suaranya.
Setelah dihitung belum ada calon yang mendapatkan suara 50% ditambah satu. Maka dilanjutkan pilihan putaran kedua dan terpilih calon dengan dukungan lebih dari 50 %.

Selesailah sudah proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dengan sangat demokratis. Inilah cara siswa OSIS khususnya mempraktekkan pembelajaran PKn tentang demokrasi.
Inilah masyarakat Indonesia mini melaksanakan demokrasi sebagai bekal kalau nanti terpilih menjadi pemimpin negara. Semoga!!!

Tidak ada komentar: