Senin, 08 September 2008

HIKMAH IKUT LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA


Pada tanggal 27 Agustus 2008, SMA Marsudirini Muntilan mengikuti Lomba debat berbahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kab. Magelang dan diadakan di Sawitan.
Peserta lomba adalah SMA negri /Swasta dan MA se kab. Magelang.

Utusan dari Marsudiriini adalah Bagas kelas XII IPA, Hendra Nugraha Kelas XI IPS dan Yohana Yusuf kelas X. Menurut pengalaman peserta dengan mengikuti lomba minimal kita ikut berpartisipasi dan syukur-syukur mendapatkan juara. Yang jelas tambah pengalaman bagaimana aturan main berdebat dan belajar mempersiapkan diri dengan membaca berbagai materi baik dari buku/majalah yang tersedia di Perpustakaan hingga mencari materi di internet.

Dalam berdebat yang sangat diperlukan adalah bagaimana mengatakan suatu gagasan/ide atau pendapat dan dilengkapi dengan argumentasi yang logis dan upto date. Keberanian tampil dengan tidak grogi menjadi modal utama. Peserta diharapkan tampil dengan tenang dan meyakinkan.

Kami memang belum menjadi sang juara. tetapi pengalaman yang kami dapatkan lebih berarti bagi kami maupun bagi teman-teman dan adik kelas, untuk bersiap-siap seandainya nanti ada lomba serupa. Kami bisa belajar juga dari sekolah lain yang memang lebih baik Itulah salah satu hikmah mengikuti lomba debat.

Tidak ada komentar: