Rabu, 22 Mei 2013

GAYA MENGAJAR DIREKSI PT TAMAN WISATA BOROBUDUR DI SMA MARSUDIRINI MUNTILAN

Tidak seperti biasa hari itu, Senin 20 Mei 2013 bertepatan dengan peringatan Kebangkitan Nasional, SMA Marsudirini Muntilan kedatangan Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko. Beliau adalah bapak Purnomo Siswoprasetjo Tj. Rupanya hari itu semua Direksi  BUMN melaksanakan "Gerakan Direksi BUMN Mengajar". Bagaimana gaya mengajarnya?

Keluarga SMA Marsudirini Muntilan merasa bangga terpilih menjadi ajang Direktur PT Taman Wisata Borobudur untuk mengajar. Mengapa SMA Marsudirini dikunjungi? Ternyata bapak Purnomo adalah salah satu putra Marsudirini. Beliau pernah mencicipi pendidikan di Marsudirini tepatnya di TK/SD Marsudirini Santo Yoseph Muntilan. Beliau ingin berbagi pengalaman dengan rekan muda yaitu anak SMA. Di balik itu juga sekaligus nostalgia karena Beliau orang Muntilan.

Apa yang Beliau sheringkan ternyata merupaka nilai-nilai utama yang mengantarkan kepada kesuksesan seperti sekarang. Salah satu yang Beliau pesankan kepada generasi  muda/siswa SMA Marsudirini adalah "Bersikap keraslah kamu pada dirimu sendiri, maka kehidupan akan lunak kepadamu dan Bila kamu lunak pada dirimu sendiri, maka kehidupan akan keras kepadamu". Nilai inilah yang mengatar Beliau jadi orang sukses. Pengalaman Beliau dari kecil yang sudah mau kerja keras membantu orang tua di sela-sela kegiatan sekolah. Demikian pula ketika kuliah Beliau memilih kuliah malam hari, pagi kerja keras membantu orang tua dan juga bekerja di instansi lain. Beliau mau mengerjakan apa saja dengan baik dan jujur sehingga kariernya menanjak karena bisa dipercaya.

Bagi Marsudirini semangat "keras terhadap diri sendiri dan lunak kepada orang lain dan kehidupan" merupakan nilai keutamaan dari spiritualitas pelindung Marsudirini yaitu Santo Fransiskus Asisi.Keutamaan ini mestinya diaktualkan oleh seluruh warga Marsudirini sebagaimana telah dihayati dan dijalankan oleh bapak Purnomo meskipun tidak lama mengecam pendidikan di Marsudirini.

Nilai ini sempat ditangkap oleh siswa Marsudirini yang dalam kesempatan tanya jawab menanyakan pengalamannya tinggal di asrama yang harus taat dengan peraturan asrama yang ketat. Kalau sudah bisa keras dengan diri sendiri peraturan seketat apapun no problem malah semakin membentuk karakter yang tahan uji tahan banting. Beliau berpesan "kamu harus mempunyai cita-cita dan tahu bagaimana langkah untuk mencapainya dan mau menjalankan serius dengan kerja keras....Kalau kita mulai kendor dengan perjuangan meraih cita-cita.... bacalah biografi ornag-orang sukses. Semua yang sekarang sukses dimulai dari hal sederhana yang dilakukan dengan serius kerja keras dan jujur.

Semoga shering pengalaman dari bapak Purnomo ini menjadi pelajaran berharga yang bisa menginspirai dan memotivasi generasi muda khususnya siswa SMA Marsudirini Muntilan. Ternyata gaya mengajar Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko ini sungguh mengena bagi keluarga SMA Marsudirini Muntilan yang dibawakan dengan suasana hangat penuh persaudaraan dan keakraban. Terima kasih pak Purnomo atas apa yang dibagikan kepada kami baik ilmu, semangat dan kenang-kenangan lain yang sungguh berarti bagi kami. Anak-anak menjadi merindukan dan mengharapkan ... kapan ya ada lagi kegiatan serupa.... atau nanti 5 atau 10 tahun lagi dari alumni SMA Marsudirini Muntilan yang menjadi orang sukses untuk kemajuan Indonesia tercinta..... Semoga!!!

Berikut beberapa foto secara acak yang bisa menjadi kenangan bersama.


Memberi kenangan
Memberi bantuan 2 buah laptop dan printer

Foto bersama guru
berbagi cendera mata
siswa mejeng bersama
Foto bersama siswa

Pak mau tanya....!
Memperhatikan pak Dirut mengajar

Untung kita bertanya....ada  buahnya!

buku kenangan
pemberian gambar kenangan
tukar cendera mata....

Terima kasih ....
Semua penanya dijawab mantab
Pak Purnomo mengawali berbagi pengalaman



Anu ... pak,  cita-citaku menjadi......

Pinter ya... menjawabnya!!!

mau nanya lagi ya pak.... penasaran je...!
mantab penampilannya














Tidak ada komentar: